Selasa, 15 Juli 2014



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Satuan Pembelajaran : SDN CAHAYA NEGERIKU
Kelas / Semester                   : IV / 2
Tema                                     : Season and Weather
Alokasi Waktu                      : 2 x 35 menit

  I.            Kegiatan :

Tahap
Kegiatan
(Skenario Pembelajaran)
Nilai budaya dan karakter bangsa
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Mengucapkan salam
·         Do’a
·         Presensi
·         Apersepsi
·         Motivasi dengan mengajak menyanyikan lagu “rain,rain go away”
Religious

Religious
disiplin
5 menit
 Inti

·         Guru menjelaskan musim dan cuaca di Indonesia
·         Siswa mendengarkan dan menirukan kata yang diucapkan guru tentang nama-nama musim dan cuaca dalam bahasa inggris.
·         Guru membagi kelompok setiap kelompok terdiri 2 siswa
·         Kemudian siswa melakukan tebak-tebakan mengenai materi yang sudah disampaikan dengan menggunakan media kartu bergambar.
·         Guru menyiapkan media kedua tentang melengkapi kata, siswa mencari kata-kata yag hilang kemudian menempelkan pada gambar/ huruf yang hilang
·         Siswa membaca/ mengeja per huruf.
·         Guru memberi motivasi dan penghargaan kepda kelompok terbaik
Komunikasi







Cinta tanah air







Rasa ingin tahu

Kerja sama
20 menit


















Penutup
·         Guru menanggapi hasil kerja siswa
·         Guru memberikan penilaian terhadap hasil kerja siswa
·         Kesimpulan
·         Menutup dengan salam dan doa bersama

10 menit

    II.            PENILAIAN PEMBELAJARAN SKILL WRITING, SPEAKING, DAN READING
1.      Penilaian skill writing(kemampuan menulis)
a.       Penugasan
Siswa ditugaskan untuk menulis berbagai macam cuaca dan musim dalam bentuk kalimat.
b.      Aspek yang dinilai
-          Penggunaan huruf kapital
-          Penulisan ejaan
-          Rangkaian kalimat
-          Penggunaan tanda baca


Skor
Aspek yang dinilai

Huruf kapital
Ejaan
Grammar
Tanda baca
1
Siswa tidak menggunakan huruf kapital dalam kalimat
Jika lebih dari tiga huruf yang salah dalam penulisan ejaan pada kalimat
Lebih dari dua kesalahan dalam urutan grammarnya pada kalimat
Tidak menggunakan tanda baca dalam kalimat
2
Penggunaan huruf kapital yang tidak tepat
Jika kurang dari tiga huruf yang salah dalam penulisan ejaan pada kalimat
Kurang dari dua kesalahan dalam urutan grammar yang tepat pada kalimat
Penggunaan tanda baca yang kurang tepat dalam kalimat
3
Pengguanaan huruf kapital yang tepat dalam kalimat
Jika penulisan ejaan benar
Urutan grammar tepat atau benar dalam kalimat
Penggunaan tanda baca yang tepat dalam kalimat

2.      Penilaian skill Reading (Membaca)
a.       Penugasan
siswa ditugaskan untuk menyebutkan cuaca dan musim melalui gambar berdasarkan pengetahuaanya
b.      Aspek yang dinilai
            -  lafal
            - intonasi
            - ekspresi


Skor
Aspek Yang Dinilai

Lafal
Intonasi
Ekspresi
1
Jika lafal tidak jelas
Jika suara lirih / tidak terdengar dalam satu kelas
Tanpa ekspresi/ datar
2
Jika ada pelafalan yang kurang tepat saat membaca
Suara terdengar jelas tapi intonasi datar
Ekspresif tapi terdapat beberapa kesalahan penempatan ekspresi
3
Pelafalan tepat
Suara terdengar jelas dan intonasi tepat
Ekspresif tepat

PENSKORAN NILAI = 
 III.            Sumber dan Media Pembelajaran
a.       Sumber                 : Excellent English Book kelas IV
              Buku-buku yang relevan
b.      Media                   : Gambar-gambar yang berhubungan dengan musim dan cuaca


Untuk Download Media Pembelajaran Klik Link
https://app.box.com/s/baooc82yy8vl9z5d9pdr
 

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts