RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan
Pembelajaran : SDN CAHAYA NEGERIKU
Kelas
/ Semester : IV / 2
Tema : Season and Weather
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
I.
Kegiatan :
Tahap
|
Kegiatan
(Skenario
Pembelajaran)
|
Nilai
budaya dan karakter bangsa
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
·
Mengucapkan salam
·
Do’a
·
Presensi
·
Apersepsi
·
Motivasi dengan mengajak menyanyikan lagu “rain,rain go away”
|
Religious
Religious
disiplin
|
5
menit
|
Inti
|
·
Guru
menjelaskan musim dan cuaca di Indonesia
·
Siswa mendengarkan
dan menirukan kata yang diucapkan guru tentang nama-nama musim dan cuaca
dalam bahasa inggris.
·
Guru membagi
kelompok setiap kelompok terdiri 2 siswa
·
Kemudian
siswa melakukan tebak-tebakan mengenai materi yang sudah disampaikan dengan
menggunakan media kartu bergambar.
·
Guru menyiapkan
media kedua tentang melengkapi kata, siswa mencari kata-kata yag hilang
kemudian menempelkan pada gambar/ huruf yang hilang
·
Siswa membaca/
mengeja per huruf.
·
Guru memberi
motivasi dan penghargaan kepda kelompok terbaik
|
Komunikasi
Cinta
tanah air
Rasa
ingin tahu
Kerja sama
|
20
menit
|
Penutup
|
·
Guru menanggapi hasil
kerja siswa
·
Guru memberikan
penilaian terhadap hasil kerja siswa
·
Kesimpulan
·
Menutup dengan salam dan doa bersama
|
|
10
menit
|
II.
PENILAIAN
PEMBELAJARAN SKILL WRITING, SPEAKING, DAN READING
1. Penilaian skill writing(kemampuan menulis)
a. Penugasan
Siswa ditugaskan untuk menulis
berbagai macam cuaca dan musim dalam bentuk kalimat.
b. Aspek yang dinilai
-
Penggunaan huruf
kapital
-
Penulisan ejaan
-
Rangkaian kalimat
-
Penggunaan tanda
baca
Skor
|
Aspek
yang dinilai
|
|||
Huruf kapital
|
Ejaan
|
Grammar
|
Tanda baca
|
|
1
|
Siswa tidak menggunakan huruf kapital dalam kalimat
|
Jika lebih dari tiga huruf yang salah dalam penulisan ejaan pada kalimat
|
Lebih dari dua kesalahan dalam urutan grammarnya pada kalimat
|
Tidak menggunakan tanda baca dalam kalimat
|
2
|
Penggunaan huruf kapital yang tidak tepat
|
Jika kurang dari tiga huruf yang salah dalam penulisan ejaan pada kalimat
|
Kurang dari dua kesalahan dalam urutan grammar yang tepat pada kalimat
|
Penggunaan tanda baca yang kurang tepat dalam kalimat
|
3
|
Pengguanaan huruf kapital yang tepat dalam kalimat
|
Jika penulisan ejaan benar
|
Urutan grammar tepat atau benar dalam kalimat
|
Penggunaan tanda baca yang tepat dalam kalimat
|
2.
Penilaian skill
Reading (Membaca)
a.
Penugasan
siswa
ditugaskan untuk menyebutkan cuaca dan musim melalui gambar berdasarkan
pengetahuaanya
b.
Aspek yang dinilai
- lafal
- intonasi
- ekspresi
Skor
|
Aspek Yang
Dinilai
|
||
Lafal
|
Intonasi
|
Ekspresi
|
|
1
|
Jika lafal tidak
jelas
|
Jika suara lirih
/ tidak terdengar dalam satu kelas
|
Tanpa ekspresi/
datar
|
2
|
Jika ada
pelafalan yang kurang tepat saat membaca
|
Suara terdengar
jelas tapi intonasi datar
|
Ekspresif tapi
terdapat beberapa kesalahan penempatan ekspresi
|
3
|
Pelafalan tepat
|
Suara terdengar
jelas dan intonasi tepat
|
Ekspresif tepat
|
PENSKORAN NILAI =
III.
Sumber
dan Media Pembelajaran
a.
Sumber :
Excellent English Book kelas IV
Buku-buku yang relevan
b.
Media :
Gambar-gambar yang berhubungan dengan musim dan cuaca
Untuk Download Media Pembelajaran Klik Link
https://app.box.com/s/baooc82yy8vl9z5d9pdr
0 komentar:
Posting Komentar