RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH
DASAR : SD
TUNAS BANGSA
MATA
PELAJARAN : BAHASA INGGRIS
TEMA : HOW TO
MAKE SANDWICH
ALOKASI
WAKTU : 20 MENIT
A.
INDIKATOR :
1. Menyebutkan
alat dan bahan yang digunakan untuk membuat sandwich
2. Menunjukkan
alat dan bahan yang digunakan untuk membuat sandwich
3. Menyebutkan
langkah – langkah membuat sandwich
4. Menjelaskan
cara membuat sandwich
5. Menunjukkan
cara membuat sandwich
B. SKENARIO
PEMBELAJARAN:
Tahapan
|
Kegiatan
(skenario pembelajaran)
|
Apersepi
|
1.
Salam dan doa
2.
Presensi
|
Inti
|
1.
Guru
menunjukkan gambar sandwich
2.
Siswa
menyebutkan alat dan bahan yang sudah disediakan guru.
3.
Siswa menulis
nama- nama alat dan bahan dalam bahasa
inggris.
4.
Guru
menunjukkan langkah – langkah membuat sandwich
5.
Guru membentuk
beberapa kelompok 4 – 5 siswa
6.
Guru meminta
setiap kelompok untuk menuliskan kembali langkah – langkah membuat sandwich
yang sudah diperagakan oleh guru
|
Penutup
|
1.
Guru
mengevaluasi hasil kerja siswa.
2.
Guru
memberikan penghargaan atas hasil yang dicapai oleh siswa.
3.
Guru
memberikan tugas rumah secara individu (membuat sesuatu yang mereka ketahui beserta
langkah – langkahnya dalam bahasa inggris)
4.
Doa, salam
penutup.
|
C.
PENILAIAN PEMBELAJARAN (SKILL WRITING AND SPEAKING)
1.
Penilaian Skill
Writing (kemampuan menulis)
a.
Penugasan
Siswa
ditugaskan untuk menulis cara membuat sesuatu dalam bentuk kalimat.
b.
Aspek Yang
Dinilai
1)
Penggunaan huruf
kapital
2)
Penulisan ejaan
3)
Rangkaian
kalimat (grammer)
4)
Penggunaan tanda
baca
c.
Rubrik Penilaian
Skor
|
Aspek
yang dinilai
|
|||
Huruf
kapital
|
Ejaan
|
Grammer
|
Tanda
baca
|
|
1
|
Tidakmenggunakan
huruf kapital dalam kalimat.
|
Jika
lebih dari 3 huruf yang salah dalam penulisan ejaan pada kalimat.
|
Lebih
dari 2 kesalahan dalam urutan grammer pada kalimat.
|
Tidak
menggunakan tanda baca dalam kalimat.
|
2
|
Penggunaan
huruf kapital yang tidak tepat.
|
Jika
kurang darri 3 huruf yang salah dalam penulisan ejaan pada kalimat.
|
Kurang
dari 2 kesalahan dalam urutan grammer yang tepat pada kalimat.
|
Penggunaan
tanda baca yang kurang tepat dalam kalimat.
|
3
|
Penggunaan
huruf kapital yang tepat dalam kalimat.
|
Jika
penulisan ejaan benar.
|
Urutan
grammer tepat/ benar dalam kalimat.
|
Menggunakan
tanda baca yang tepat dalam kalimat.
|
2.
Penilaian Skill Speaking
(kemampuan berbicara)
a.
Penugasan
Siswa
ditugaskan untuk menunjukkan cara membuat sandwich di depan kelas
b.
Aspek Yang
Dinilai
1)
Pelafalan
2)
Intonasi
3)
Ekspresi
c.
Rubrik Penilaian
Skor
|
Aspek Yang
Dinilai
|
||
Lafal
|
Intonasi
|
Ekspresi
|
|
1
|
Jika
lafal tidak jelas saat bercerita.
|
Jika
suara lirih/ tidak dapat terdengar dalam satu kelas.
|
Jika
tanpa ekspresi/ ekspresi datar saat bercerita.
|
2
|
Jika
ada beberapa pelafalan yang kurang tepat saat bercerita.
|
Suara
terdengar jelas tapi intonasinya datar atau sebaliknya.
|
Ekspresif,
tapi terdapat beberapa salahpenempatan ekspresi.
|
3
|
Pelafalan
tepat saat bercerita.
|
Suara
terdengar jelas dan intonasinya tepat.
|
Ekspresif
dan penempatan ekspresi tepat
|
HAND
OUT
How to make egg
Sandwich
Ingredients :
- 2 Chicken eggs
- 4 Pieces of white bread
- leaf lettuce
- 1 Tomato
- 2 Sheet
- Margarin
Spreadable cheese slice :
q 1 Tablespoons
mayonnaise
q 2 Tablespoons
of sauce
Making Sandwich
Ø Made with egg frying chicken eggs. Use margarine for
frying. Set aside.
Ø Margarine spread thinly on bread, then grilled on a
griddle. Bake until lightly browned.
Ø Set aside to
spread sauce, mix 1tablespoon of mayonnaise and 1 tablespoon ketchup. Stir with
a spoon until well blended.
Ø Set aside a
dab of mayonnaise mixture on one side of the toast bread and chili sauce on the
other stacking lettuce, cheese, tomato and egg slices between two pieces of
toast.
Ø Sides with
the sandwich diagonally to from a triangle to make it more beautiful
Untuk Download Media Pembelajaran Klik Link
https://app.box.com/s/fhb21cdl7wu9mq51lfbi
0 komentar:
Posting Komentar