PROFESSION SONG
Students go to school
We are studying in the class
Farmer went to rice – field
He is going to harvest rice
Tra...
la la la
Everyone have a profession
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH
DASAR : SD
PERMATA BANGSA
MATA
PELAJARAN : BAHASA INGGRIS
TEMA : PROFESSION
ALOKASI
WAKTU : 20 MENIT
A.
INDIKATOR :
1.
Menyebutkan macam-macam
profesi yang ada di lingkungan sekitar
2.
Menyebutkan
tempat bekerja sesuai dengan profesinya
3.
Menulis nama
profesi dalam bahasa inggris dengan ejaan yang benar
4.
Membaca nama
profesi dalam bahasa inggris dengan pelafalan yang tepat
5.
Menceritakan
pekerjaan orang tua
6.
Menceritakan
cita-cita
B. SKENARIO
PEMBELAJARAN:
Tahapan
|
Kegiatan
(skenario pembelajaran)
|
Apersepi
|
Apersepsi
1.
Salam dan doa
2.
Presensi
3.
Bernyanyi
bersama lagu anak-anak “Profession”
Memotivasi
1.
Penjajakan
kesiapan belajar siswa dengan tanya jawab mengenai profesi.
2.
Memberikan
informasi tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
|
Inti
|
Eksplorasi
1.
Siswa
menyebutkan gambar profesi yang sudah disediakan guru.
2.
Siswa menulis
nama profesi sesuai dengan gambar dalam bahasa inggris.
3.
Siswa menyebutkan
tempat bekerja sesuai dengan profesi.
4.
Siswa menulis
kalimat dalam bahasa inggris berdasarkan tempat kerja sesuai profesi.
5.
Siswa membaca
kalimat yang sudah dibuat.
Kolaborasi
1.
Guru membantu
siswa dalam membuat kelompok.
2.
Setiap
kelompok terdiri dari 2 siswa / berpasangan.
3.
Guru
menyiapkan 2 buah jenis kartu.
4.
Kartu pertama merupakan
pertanyaan berisi ciri-ciri petunjuk
sebuah profesi atau tempat dan kartu kedua berisi gambar yang merupakan
jawaban dari kartu yang pertama.
5.
Guru memanggil
beberapa kelompok maju untuk memilih kartu secara bebas.
6.
Setiap
kelompok dibebaskan juga untuk memilih siapa yang membaca pertanyaan dan
siapa yang menjawabnya.
7.
Setiap
kelompok harus berlomba siapa yang menjadi tercepat dan tepat dalam menjawab pertanyaan.
Konfirmasi
1.
Guru
mengevaluasi jawaban setiap kelompok.
2.
Guru
memberikan sebuah hadiah kepada kelompok yang tercepat dan tepat dalam
menjawab pertanyaan.
|
Penutup
|
1.
Guru
memberikan tugas rumah secara individu (membuat cerita mengenai profesi orang
tua dan cita-citanya sendiri) akan diceritakan pada pertemuan yang akan
datang.
2.
Salam penutup.
|
C.
PENILAIAN PEMBELAJARAN (SKILL WRITING, READING AND SPEAKING)
1.
Penilaian Skill
Writing (kemampuan menulis)
a.
Penugasan
Siswa
ditugaskan untuk menulis berbagai macam profesi dan tempat kerja berdasarkan
profesi dalam bentuk kalimat
b.
Aspek Yang
Dinilai
1)
Penggunaan huruf
kapital
2)
Penulisan ejaan
3)
Rangkaian
kalimat (Grammar)
4)
Penggunaan tanda
baca
c.
Rubrik Penilaian
Skor
|
Aspek
yang dinilai
|
|||
Huruf
kapital
|
Ejaan
|
Grammar
|
Tanda
Baca
|
|
60
|
Tidak
menggunakan huruf kapital dalam kalimat.
|
Jika
lebih dari 3 huruf yang salah dalam penulisan ejaan pada kalimat.
|
Lebih
dari 2 kesalahan dalam urutan grammar pada kalimat.
|
Tidak
menggunakan tanda baca dalam kalimat.
|
80
|
Penggunaan
huruf kapital yang tidak tepat.
|
Jika
kurang darri 3 huruf yang salah dalam penulisan ejaan pada kalimat.
|
Kurang
dari 2 kesalahan dalam urutan grammar yang tepat pada kalimat.
|
Penggunaan
tanda baca yang kurang tepat dalam kalimat.
|
100
|
Penggunaan
huruf kapital yang tepat dalam kalimat.
|
Jika
penulisan ejaan benar.
|
Urutan
grammar tepat atau benar dalam kalimat
|
Menggunakan
tanda baca yang tepat dalam kalimat.
|
2.
Penilaian Skill
Reading (Kemampuan membaca)
a.
Penugasan
Siswa
ditugaskan untuk membacakan ciri-ciri petunjuk sebuah profesi kepada teman
pasangannya.
b.
Aspek Yang
Dinilai
1)
Pelafalan
2)
Intonasi
c.
Rubrik Penilaian
Skor
|
Aspek Yang
Dinilai
|
|
Lafal
|
Intonasi
|
|
60
|
Jika
lafal tidak jelas saat membacakan ciri-ciri petunjuk sebuah profesi atau
tempat kepada teman.
|
Jika
suara lirih/ tidak dapat terdengar dalam satu kelas.
|
80
|
Jika
ada beberapa pelafalan yang kurang tepat saat membacakan ciri-ciri petunjuk
sebuah profesi atau tempat kepada teman.
|
Suara
terdengar jelas tapi intonasinya datar atau sebaliknya.
|
100
|
Pelafalan
tepat saat membacakan ciri-ciri petunjuk sebuah profesi atau tempat kepada
teman.
|
Suara
terdengar jelas dan intonasinya tepat.
|
3.
Penilaian Skill Speaking
(kemampuan berbicara)
a.
Penugasan
Siswa
ditugaskan untuk membuat cerita mengenai profesi orangtuanya dan cita-citanya
sendiri dirumah dan diceritakan pada pertemuan selanjutnya.
b.
Aspek Yang
Dinilai
1)
Pelafalan
2)
Intonasi
3)
Ekspresi
c.
Rubrik Penilaian
Skor
|
Aspek Yang
Dinilai
|
||
Lafal
|
Intonasi
|
Ekspresi
|
|
60
|
Jika
lafal tidak jelas saat bercerita.
|
Jika
suara lirih/ tidak dapat terdengar dalam satu kelas.
|
Jika
tanpa ekspresi/ ekspresi datar saat bercerita.
|
80
|
Jika
ada beberapa pelafalan yang kurang tepat saat bercerita.
|
Suara
terdengar jelas tapi intonasinya datar atau sebaliknya.
|
Ekspresif,
tapi terdapat beberapa salahpenempatan ekspresi.
|
100
|
Pelafalan
tepat saat bercerita.
|
Suara
terdengar jelas dan intonasinya tepat.
|
Ekspresif
dan penempatan ekspresi tepat
|
Untuk Download Media Pembelajarannya Silahkan klik link dibawah :
https://app.box.com/s/5d2v7qj9xb0fg6han9wt
0 komentar:
Posting Komentar