PROFESSION SONG
Students go to school
We are studying in the class
Farmer went to rice – field
He is going to harvest rice
Tra...
la la la
Everyone have a profession
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH
DASAR                         : SD
PERMATA BANGSA
MATA
PELAJARAN          : BAHASA INGGRIS
TEMA                                    : PROFESSION
ALOKASI
WAKTU            : 20 MENIT
A.   
INDIKATOR :
1.     
Menyebutkan macam-macam
profesi yang ada di lingkungan sekitar
2.     
Menyebutkan
tempat bekerja sesuai dengan profesinya
3.     
Menulis nama
profesi dalam bahasa inggris dengan ejaan yang benar
4.     
Membaca nama
profesi dalam bahasa inggris dengan pelafalan yang tepat
5.     
Menceritakan
pekerjaan orang tua
6.     
Menceritakan
cita-cita
B.     SKENARIO
PEMBELAJARAN:
| 
Tahapan | 
Kegiatan
  (skenario pembelajaran) | 
| 
Apersepi | 
Apersepsi  
1.     
  Salam dan doa 
2.     
  Presensi 
3.     
  Bernyanyi
  bersama lagu anak-anak  “Profession”  
Memotivasi  
1.     
  Penjajakan
  kesiapan belajar siswa dengan tanya jawab mengenai profesi. 
2.     
  Memberikan
  informasi tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai. | 
| 
Inti | 
Eksplorasi 
1.     
  Siswa
  menyebutkan gambar profesi yang sudah disediakan guru. 
2.     
  Siswa menulis
  nama profesi sesuai dengan gambar dalam bahasa inggris. 
3.     
  Siswa menyebutkan
  tempat bekerja sesuai dengan profesi. 
4.     
  Siswa menulis
  kalimat dalam bahasa inggris berdasarkan tempat kerja sesuai profesi. 
5.     
  Siswa membaca
  kalimat yang sudah dibuat. 
Kolaborasi
   
1.     
  Guru membantu
  siswa dalam  membuat kelompok. 
2.     
  Setiap
  kelompok terdiri dari 2 siswa / berpasangan. 
3.     
  Guru
  menyiapkan 2 buah jenis kartu. 
4.     
  Kartu pertama merupakan
  pertanyaan berisi ciri-ciri petunjuk
  sebuah profesi atau tempat dan kartu kedua berisi gambar yang merupakan
  jawaban dari kartu yang pertama. 
5.     
  Guru memanggil
  beberapa kelompok maju untuk memilih kartu secara bebas. 
6.     
  Setiap
  kelompok dibebaskan juga untuk memilih siapa yang membaca pertanyaan dan
  siapa yang menjawabnya.  
7.     
  Setiap
  kelompok harus berlomba siapa yang menjadi tercepat  dan tepat dalam menjawab pertanyaan. 
Konfirmasi
   
1.     
  Guru
  mengevaluasi jawaban setiap kelompok. 
2.     
  Guru
  memberikan sebuah hadiah kepada kelompok yang tercepat dan tepat dalam
  menjawab pertanyaan. | 
| 
Penutup | 
1.     
  Guru
  memberikan tugas rumah secara individu (membuat cerita mengenai profesi orang
  tua dan cita-citanya sendiri) akan diceritakan pada pertemuan yang akan
  datang. 
2.     
  Salam penutup.
   | 
C.   
PENILAIAN PEMBELAJARAN (SKILL WRITING, READING AND SPEAKING)
1.     
Penilaian Skill
Writing (kemampuan menulis)
a.      
Penugasan 
Siswa
ditugaskan untuk menulis berbagai macam profesi dan tempat kerja berdasarkan
profesi dalam bentuk kalimat
b.     
Aspek Yang
Dinilai
1)     
Penggunaan huruf
kapital
2)     
Penulisan ejaan
3)     
Rangkaian
kalimat (Grammar)
4)     
Penggunaan tanda
baca
c.      
Rubrik Penilaian
| 
Skor | 
Aspek
  yang dinilai | |||
| 
Huruf
  kapital | 
Ejaan | 
Grammar | 
Tanda
  Baca | |
| 
60 | 
Tidak
  menggunakan huruf kapital dalam kalimat. | 
Jika
  lebih dari 3 huruf yang salah dalam penulisan ejaan pada kalimat. | 
Lebih
  dari 2 kesalahan dalam urutan grammar pada kalimat. | 
Tidak
  menggunakan tanda baca dalam kalimat. | 
| 
80 | 
Penggunaan
  huruf kapital yang tidak tepat. | 
Jika
  kurang darri 3 huruf yang salah dalam penulisan ejaan pada kalimat. | 
Kurang
  dari 2 kesalahan dalam urutan grammar yang tepat pada kalimat. | 
Penggunaan
  tanda baca yang kurang tepat dalam kalimat. | 
| 
100 | 
Penggunaan
  huruf kapital yang tepat dalam kalimat. | 
Jika
  penulisan ejaan benar. | 
Urutan
  grammar tepat atau benar dalam kalimat | 
Menggunakan
  tanda baca yang tepat dalam kalimat. | 
2.     
Penilaian Skill
Reading (Kemampuan membaca)
a.      
Penugasan 
Siswa
ditugaskan untuk membacakan ciri-ciri petunjuk sebuah profesi kepada teman
pasangannya.
b.     
Aspek Yang
Dinilai
1)     
Pelafalan 
2)     
Intonasi 
c.      
Rubrik Penilaian
| 
Skor | 
Aspek Yang
  Dinilai | |
| 
Lafal | 
Intonasi | |
| 
60 | 
Jika
  lafal tidak jelas saat membacakan ciri-ciri petunjuk sebuah profesi atau
  tempat kepada teman. | 
Jika
  suara lirih/ tidak dapat terdengar dalam satu kelas.  | 
| 
80 | 
Jika
  ada beberapa pelafalan yang kurang tepat saat membacakan ciri-ciri petunjuk
  sebuah profesi atau tempat kepada teman. | 
Suara
  terdengar jelas tapi intonasinya datar atau sebaliknya. | 
| 
100 | 
Pelafalan
  tepat saat membacakan ciri-ciri petunjuk sebuah profesi atau tempat kepada
  teman. | 
Suara
  terdengar jelas dan intonasinya tepat. | 
3.     
Penilaian Skill Speaking
(kemampuan berbicara)
a.      
Penugasan 
Siswa
ditugaskan untuk membuat cerita mengenai profesi orangtuanya dan cita-citanya
sendiri dirumah dan diceritakan pada pertemuan selanjutnya.
b.     
Aspek Yang
Dinilai
1)     
Pelafalan
2)     
Intonasi
3)     
Ekspresi
c.      
Rubrik Penilaian
| 
Skor | 
Aspek Yang
  Dinilai | ||
| 
Lafal | 
Intonasi | 
Ekspresi | |
| 
60 | 
Jika
  lafal tidak jelas saat bercerita. | 
Jika
  suara lirih/ tidak dapat terdengar dalam satu kelas.  | 
Jika
  tanpa ekspresi/ ekspresi datar saat bercerita. | 
| 
80 | 
Jika
  ada beberapa pelafalan yang kurang tepat saat bercerita. | 
Suara
  terdengar jelas tapi intonasinya datar atau sebaliknya. | 
Ekspresif,
  tapi terdapat beberapa salahpenempatan ekspresi. | 
| 
100 | 
Pelafalan
  tepat saat bercerita. | 
Suara
  terdengar jelas dan intonasinya tepat. | 
Ekspresif
  dan penempatan ekspresi tepat | 
Untuk Download Media Pembelajarannya Silahkan klik link dibawah :
https://app.box.com/s/5d2v7qj9xb0fg6han9wt
 RSS Feed
 RSS Feed Twitter
 Twitter 01.00
01.00
 Unknown
Unknown







0 komentar:
Posting Komentar